Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Pengggunaan Media Dadu Angka Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 2 Sobokerto Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013-2014

MARKAMAH, MARKAMAH and , Drs. M. Yahya, Msi (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Pengggunaan Media Dadu Angka Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 2 Sobokerto Ngemplak Boyolali Tahun Pelajaran 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (676kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (312kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan kognitif khususnya kemampuan dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak kelompok B TK Pertiwi 2 Sobokerto Kecamatan Ngemplak Boyolali dengan menggunakan alat peraga Dadu Angka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B TK Pertiwi 2 Sobokerto Kecamatan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 20 anak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi. Sedangkan validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Data dianalisis dengan tehnik analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tindakan siklus I, siklus II menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak kelompok B TK Pertiwi 2 Sobokerto Kecamatan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Ditunjukkan dengan adanya peningkatan prosentase rata-rata kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan dari kondisi awal sebesar 42 %, pada siklus 1 61.25 %, pada siklus II 84.75 %. Dengan demikian, penggunaan alat peraga Dadu Angka dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan pada anak kelompok B TK Pertiwi 2 Sobokerto Kecamatan Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014, melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) Peneliti mempersiapkan setting dan alat peraga yang digunakan; (2) Peneliti mendemonstrasikan kegiatan bermain yang akan dilaksanakan; (3) Peneliti mengajak anak bermain berhitung, tebak angka, dan meronce kartu gambar dengan urut dari 1-20; (4) Peneliti dan anak membuat kesimpulan tentang hasil kegiatan yang dilaksanakan; (5) Peneliti memberikan reward pada anak yang mampu melakukan kegiatan dengan baik, dan memberikan motivasi pada anak yang belum mampu dalam melakukan kegiatan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Alat Peraga Dadu Angka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2014 12:54
Last Modified: 20 Oct 2021 04:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29812

Actions (login required)

View Item View Item