Implementasi Hak Anak Dalam Pelaksanaan Pendidikan Di Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Ayuningtyas, Eka Yoana and , Drs. H. Sutan Syahrir Zabda, M.H. (2014) Implementasi Hak Anak Dalam Pelaksanaan Pendidikan Di Sekolah (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (765kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi hak anak dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah pada siswa SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, mendeskripsikan implementasi hak anak dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah pada siswa SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, dan mendeskripsikan bentuk implementasi hak anak dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah pada siswa SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan sumber data dari kepala sekolah, guru, dan siswa SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan arsip atau dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Metode penelitian ini menggunakan teknik interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan implementasi hak anak dalam pelaksanaan pendidikan sekolah berjalan dengan baik dan lancar; 2) Hak anak dalam pelaksanaan pendidikan di SMP Negeri 6 Surakarta sudah banyak terpenuhi, seperti halnya hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk mendapatkan kesehatan, hak untuk rekreasi, dan hak untuk mendapatkan kesamaan. Hak untuk bermain dan hak untuk mendapatkan perlindungan cukup terpenuhi dalam pelaksanaan pendidikan di SMP Negeri 6 Surakarta; 3) Bentuk implementasi hak anak dalam pelaksanaan pendidikan di SMP Negeri 6 Surakarta dalam hak untuk bermain cukup karena didukung adanya halaman sekolah yang cukup luas, hak untuk mendapatkan pendidikan baik karena adanya interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, hak untuk mendapatkan perlindungan cukup karena tidak ada perlakuan yang merugikan siswa baik secara fisik maupun non fisik, hak untuk mendapatkan kesehatan baik karena adanya ruang UKS, obat-obatan yang cukup lengkap, dan juga kunjungan dokter setiap hari Rabu, hak untuk rekreasi baik karena anak dapat memilih sendiri tujuan untuk berwisata, dan hak untuk mendapatkan kesamaan baik karena semua anak diperlakukan sama tanpa dibedakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hak Anak, Pelaksanaan Pendidikan, Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Jul 2014 08:31
Last Modified: 19 Oct 2021 03:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29806

Actions (login required)

View Item View Item