Penanganan Anak Diskalkulia Melalui Media Gambar Di TK Pertiwi Banaran Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Resita, Dian Syah and , Drs. Surtikanti, S.H., M.Pd. (2014) Penanganan Anak Diskalkulia Melalui Media Gambar Di TK Pertiwi Banaran Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (373kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (226kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui hasil dari penanganan anak diskalkulia melalui Media gambar dalam kegiatan bermain di Sekolah TK Pertiwi Banaran. tahun pelajaran 2013/2014. Subyek penelitian ini di kelas A yang bernama Zahra Nur Sakabila yang akrab di panggil Nabila. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi atau pengamatan dan dokumentasi. Masing-masing pengumpulan data melalui wawancara diperoleh dari Orangtua dan Guru, Observasi hasilnya berupa kemampuan anak dalam mengenal angka, kemampuan mengenal konsep angka, kemampuan berhitung, kemampuan penjumlahan dan pengurangan angka dan kemampuan akademis serta dokumentasi hasilnya berupa foto. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa itu gangguan perkembangan dalam kesulitan menghitung pada anak yang ditandai dengan diskalkulia adanya keterlambatan dalam bidang kognitif sehingga anak mengalami kesulitan belajar dan IQ dibawah rata-rata. Oleh karena itu, Penanganan Anak Diskalkulia melalui media gambar di TK Pertiwi Banaran tahun ajaran 2013/2014 membutuhkan motivasi, dorongan dan kegiatan yang menarik dan dapat diatasi dengan cara kegiatan bermain seperti bermain menghitung dengan media gambar. Misalnya,( gambar alat transportasi dan Alam Semesta), kartu angka.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diskalkulia, Media Gambar
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2014 13:17
Last Modified: 19 Oct 2021 12:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29801

Actions (login required)

View Item View Item