Upaya Meningkatkan Minat Siswa Melalui Permainan Trading Card Game Mathematicards Pada Siswa Kelas VIII SMP 2 Boyolali

Ibrahim, Faizal Yunus (2014) Upaya Meningkatkan Minat Siswa Melalui Permainan Trading Card Game Mathematicards Pada Siswa Kelas VIII SMP 2 Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._halaman_depan.pdf

Download (783kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._bab_2.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab II)
5._bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BabIII)
6._bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
7._bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img]
Preview
PDF (Dafta Pustaka)
8._daftar_pustaka.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9rr._naskah_publikasi.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat matematika siswa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media Trading Card Game (TCG) rancangan peneliti yang diberi nama Mathematicards. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Boyolali yang berjumlah 24 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIII E. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat siswa pada matematika. Hal ini dapat dilihat dari 1) minat siswa untuk menjawab pertanyaan secara lisan sebelum tindakan 45% dan setelah tindakan 83%, 2) minat siswa untuk bertanya mengenai materi sebelum tindakan 29% dan setelah tindakan 87%, serta 3) minat siswa untuk bertindak aktif dalam diskusi sebelum tindakan 50% dan setelah tindakan 75%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan TCG Mathematicards dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat siswa pada matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Trading Card Game (TCG
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jul 2014 07:32
Last Modified: 12 Jul 2014 07:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29789

Actions (login required)

View Item View Item