Penerapan Strategi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD N 02 Mayong Kidul Tahun 2013/2014

Normanita, Emi and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD N 02 Mayong Kidul Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (888kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (911kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD N 02 Mayong Kidul tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan strategi tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SD N 02 Mayong Kidul yang berjumlah 33 siswa. Penelitian dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan analisis kualitatif dengan teknik analisis interaksi yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar Matematika siswa setelah diterapkannya strategi tutor sebaya. Rata-rata hasil kreativitas belajar pada pra siklus 36,74%, siklus I sebesar 52,93%, dan pada siklus II meningkat menjadi 80,67%. Sedangkan hasil belajar Matematika pada Pra siklus prosentase ketuntasan siswa 21,21%, pada siklus I prosentase ketuntasan 51,52%, dan pada siklus II prosentase ketuntasan siswa 92,42%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi tutor sebaya dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD N 02 Mayong Kidul tahun ajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika, Strategi Tutor Sebaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2014 08:32
Last Modified: 20 Oct 2021 00:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29764

Actions (login required)

View Item View Item