Penerapan Strategi Pembelajaran Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 9 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/ 2014

Maulina, Dessy Nur and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 9 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
File_Naskah_Publikasi.pdf

Download (414kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
File_Halamana_Awal_Skripsi.pdf

Download (660kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
File_BAB_I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Bab II)
File_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab III)
File_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab IV)
File_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (866kB)
[img] PDF (Bab V)
File_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
File_Daftar_Pustaka.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Lampiran)
File_Lampiran_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas IV melalui penerapan strategi pembelajaran Bamboo Dancing. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas IV SD Negeri 9 Purwodadi yang berjumlah 20 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran Bamboo Dancing dan minat belajar IPA di kelas IV SD Negeri 9 Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa kelas IV pada mata pembelajaran IPA di SD Negeri 9 Purwodadi. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa melalui beberapa indikator, yaitu: Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran pada pra siklus sebesar 49% pada siklus I meningkat menjadi 58% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,50%. Perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran pada pra siklus sebesar 52%, pada siklus I meningkat menjadi 64%, dan pada siklus II meningkat menjadi 75,50%. Keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan pada pra siklus sebesar 50%, pada siklus I meningkat menjadi 58%, dan pada siklus II meningkat menjadi 76,50%. Tanggungjawab siswa menyelesaikan tugas pada pra siklus sebesar 49%, pada siklus I meningkat menjadi 62%, dan pada siklus II meningkat menjadi 76%. Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Bamboo Dancing dapat meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 9 Purwodadi tahun ajaran 2013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, strategi pembelajaran Bamboo Dancing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2014 08:00
Last Modified: 20 Oct 2021 00:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29760

Actions (login required)

View Item View Item