ANALISIS PENGARUH AFEKSI, FAIRNESS DAN DISKONFIRMASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA JASA ANGKUTAN TAKSI DI SURAKARTA

Setiawan , Hary (2009) ANALISIS PENGARUH AFEKSI, FAIRNESS DAN DISKONFIRMASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA JASA ANGKUTAN TAKSI DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050003.pdf

Download (95kB)
[img] PDF
B100050003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisi pengaruh dari Afeksi, Fairness, Diskonfirmasi oleh penyedia layanan jasa angkutan taksi terhadap kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini digunakan tiga macam variabel independen yaitu: Afeksi, Fairness, Diskonfirmasi. Sehubungan dengan tujuan penelitian diatas, maka untuk mengidentifikasi masalah, penelitian ini mengambil tempat di kota Surakarta sebagai obyek penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen jasa angkutan taksi di kota Surakarta. Sebanyak 100 orang diambil sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling berjenis proposive sampling. Kriteria sampel disini adalah konsumen jasa angkutan taksi di Surakatra yang telah menggunakan jasa angkutan taksi minimal tiga kali. Cara pengumpulan data dengan menggunakan data primer yaitu hasil penyebaran kuesioner yang diisi oleh responden dan data sekunder yang mendukung penelitian. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan analisis regresi berganda (SPSS 11.0). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa atribut pertanyaan yang berjumlah 17 untuk kuesioner variable independen ataupun dependen semuanya valid, begitu juga dengan hasil uji reliabilitas semuanya reliabel. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa ketiga variabel independen (Afeksi, Fairness, Diskonfirmasi) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen (kepuasan konsumen). Dari hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran yaitu perlunya memahami konsumen dan terus menerapkannya dalam meningkatkan kualitas pelayanan dengan lebih intensif untuk memberikan pelatihan-pelatihan dan pengembangan-pengembangan kepada karyawan, meningkatkan kerjasama dengan pelanggan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Afeksi, fairness, diskonfirmasi dan kepuasan konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 22 Jun 2009 06:48
Last Modified: 25 Oct 2011 05:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2976

Actions (login required)

View Item View Item