Pelaksanaan Penilaian Autentik (Autentic Assement) Oleh Guru Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri Se-Kecamatan Karanganyar

Utari, Diah Tri (2014) Pelaksanaan Penilaian Autentik (Autentic Assement) Oleh Guru Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri Se-Kecamatan Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penilaian autentik merupakan proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan siswa melalui berbagai tehnik yang mampu mengungkapkan, membuktikan, atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran dan kompetensi telah benar-benar dikuasai dan dicapai. Pada kurikulum 2013 ini penilaian autentik menjadi penekanan yang serius dimana guru dalam melakukan penilaian hasil belajar benar-benar memperhatikan penilaian autentik. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian autentik oleh guru IPA di SMP Negeri se-Kecamatan Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode observasi dan metode wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan tehnik analisis data triangulasi, yaitu memadukan dan mengeneralisasikan hasil data dalam bentuk kalimat deskriptif secara terperinci dan apa adanya. Hasil analisis yang diolah menggunakan analisis data triangulasi dapat diketahui bahwa pelaksanaan penilaian authentik pada aspek afektif adalah sebesar 52,8%, pada aspek psikomotorik sebesar 48,4% dan pada aspek kognitif sebesar 98,8%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penilaian autentk oleh Guru IPA di SMP Negeri se-Kecamatan Karanganyar masih kurang optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan, penilaian autentik, guru ipa, smp
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2014 06:58
Last Modified: 08 Jul 2014 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29754

Actions (login required)

View Item View Item