Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran STAD Dan TGT Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014

Kasih, Anggraini Maulina and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran STAD Dan TGT Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (593kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (503kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achivement Devision) dan TGT (Team Games Tournament) pada siswa kelas VIII Di SMP Negeri 2 Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental, bentuk desain Postest-Only Control Design. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura. Sampel pada penelitian ini menggunakan tiga kelas, 2 kelas eksperimen yaitu kelas VIII B sebagai eksperimen I (menggunakan model STAD), kelas VIII D sebagai eksperimen II (menggunakan model TGT) dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol (menggunakan metode ceramah). Tehnik penentuan sampel menggunakan Perposive Cluster Random Sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan 3 metode yaitu metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Untuk mendapatkan soal tes yang valid dan reliabel menggunakan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis dengan One way Anova (anova satu jalan) serta uji lanjut menggunakan Post Hoc Test. Hasil pengujian hipotesis menggunakan taraf 5% (0,05). Nilai rata-rata pada kelas eksperimen STAD adalah 76,25, sedangkan pada kelas eksperimen TGT adalah 81,52 dan pada kelas kontrol adalah 72,91. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan yaitu ada perbedaan hasil belajar biologi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura. Model pembelajaran TGT lebih baik diterapkan di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014 dibandingkan dengan model pembelajaran STAD maupun konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Team Achivement Devision, Team Games Tournament, Hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2014 12:05
Last Modified: 18 Oct 2021 18:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29749

Actions (login required)

View Item View Item