Pemahaman Dan Ketaatan Hukum Masyarakat Desa (Studi Kasus Jual Beli Sepeda Motor Hasil Curian di Masyarakat Desa Ngrandu Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013)

Arifah, Sakin (2014) Pemahaman Dan Ketaatan Hukum Masyarakat Desa (Studi Kasus Jual Beli Sepeda Motor Hasil Curian di Masyarakat Desa Ngrandu Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Tahun 2013). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (116kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (98kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pemahaman ketaatan hukum masyarakat desa pada kasus jual beli sepeda motor hasil curian di masyarakat Desa Ngrandu Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan berikut kendala dan solusinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen atau arsip. Teknik untuk menguji validitas atau keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, khususnya triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan dengan menerapkan model analisis interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kasus penadahan sepeda motor memuat ketaatan hukum masyarakat desa. Pemahaman dan ketaatan hukum masyarakat desa dalam kasus tersebut dimuat dalam perbuatan, ilustrasi, gambar, maupun sikap. Pemahaman ketaatan hukum masyarakat desa yang dimaksud meliputi kesepakatan para pihak, kecakapan para pihak, klausula halal, dan sebab tertentu, 2) walaupun sudah berusaha mentaati hukum yang berlaku namun masih terdapat kendala dalam pemahaman ketaatan hukum dalam jual beli sepeda motor yang muncul dari masyarakat diantaranya yaitu rasa pemalu, kurang percaya diri, dan malas pada masyarakat, 3) solusi untuk menghadapi kendala dalam pemahaman ketaatan hukum pada masyarakat yaitu dengan cara berkomunikasi dengan masyarakat lainnya tentang masalah yang dihadapi, memberikan kesempatan pada masyarakat untuk melakukan segala sesuatu sendiri tanpa bergantung dengan orang lain, melatih anak untuk bertanggun jawab terhadap segala keputusannya, dan konsistensi masyarakat dalam perbuatannya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: penadahan sepeda motor, pemahaman, ketaatan hukum, dan masyarakat desa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2014 08:31
Last Modified: 07 Jul 2014 15:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29723

Actions (login required)

View Item View Item