Pelaksanaan Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Dengan Kurikulum 2013 Pada Kelas X Di SMA Negeri 1 Teras

Pamungkas, Cahyo and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2014) Pelaksanaan Pembelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Dengan Kurikulum 2013 Pada Kelas X Di SMA Negeri 1 Teras. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
0.1-6.COVER_sampai_ABSTRAK.pdf

Download (685kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
7.BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
8.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] PDF (Bab III)
9.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab IV)
10.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img] PDF (Bab V)
11.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
12.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] PDF (Lampiran)
13.LAMPIRAN_all.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (568kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengungkapkan karakteristik pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA N 1 Teras, 2) Mengungkapkan aplikasi metode pembelajaran di SMA N 1 Teras pada mata pelajaran prakarya kewirausahaan, 3) Mengungkapkan hasil pembelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA N 1 Teras. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan studi etnografi. Subjek penelitian ini adalah guru mapel Prakarya dan Kewirausahaan di SMA N 1 Teras serta Siswa kelas X.IPA-1 dan X.IPA-2. Sedangkan objek penelitian adalah kegiatan pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA N 1 Teras. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.Uji keabsahan data dilakukan dengan tehnik triangulasi dimana ada 2 jenis tehnik yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan untuk tehnik analisis data digunakan tehnik analisis model interaktif dimana setiap data yang diperoleh akan langsung direduksi atau dipilah-pilah menurut tema, kemudian diambil kesimpulan untuk selanjutnya disajikan dalam bentuk data yang telah tersusun. Kesimpulan dari penelitian ini: 1) Interaksi pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA N 1 Teras terjalin baik antara siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa yang lain. Hal ini terjadi karena media dan metode pembelajaran yang digunakan serta kepribadian guru yang menyenangkan, 2) Media yang selalu digunakan pada saat kegiatan pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA 1 Teras adalah Audio Visual, 3) Kendala utama pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA 1 Teras adalah minimnya literatur dan peralatan penunjang kegiatan unjuk kerja serta tidak tersedianya lokasi kegiatan unjuk kerja, 4) Metode pembelajaran yang paling efektif dapat diaplikasikan untuk pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA N 1 Teras saat ini adalah metode pemutaran vidio dan demonstrasi secara berkelompok, 5) Hasil atau capaian dari kegiatan pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Teras dengan pendekatan scientifik adalah mulai tumbuhnya jiwa wirausaha para siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Pembelajaran, Aplikasi Metode, Hasil Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2014 07:55
Last Modified: 19 Oct 2021 14:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29720

Actions (login required)

View Item View Item