Nilai Nasionalisme Dalam Film Sang Kiai (Analisis Isi Film sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

SARI, LINDA DEWI WULAN ARUM and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si.. (2014) Nilai Nasionalisme Dalam Film Sang Kiai (Analisis Isi Film sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (578kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (619kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan nilai nasionalisme dalam film Sang Kiai sebagai media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek utama adalah pemain dalam Film Sang Kiai. Objek utama adalah nilai nasionalisme dalam film Sang Kiai. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, studi pustaka, dan observasi. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, yang pertama triangulasi sumber data dan triangulasi teknik atau metode pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1) Film Sang Kiai menceritakan tentang usaha KH. Hasyim Asy’ari dalam menumpas penjajahan kolonialis Jepang melalui jalan agama. Isi cerita pada film Sang Kiai sarat akan nilai-nilai perjuangan yang pantas untuk diteladani terutama nilai nasionalisme yang dimiliki KH. Hasyim Asy’ari dan para santri pondok Tebu Ireng; 2) Deskripsi nasionalisme pada film Sang Kiai, yaitu: a) hasrat untuk mencapai kesatuan, b) hasrat untuk mencapai kemerdekaan, c) hasrat untuk mencapai keaslian, d) hasrat untuk mencapai kehormatan bangsa; 3) Deskripsi nilai nasionalisme dalam film Sang Kiai sebagai media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Film Sang Kiai berkisah tentang kepahlawanan Sang KH. Hasyim Asy’ari beserta para santri di Pondok Pesantren Tebu Ireng dalam melawan pendudukan Jepang dan penjajahan Belanda. Nilai-nilai nasionalisme tersebut sesuai dengan materi yang termuat dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran Kelas VII pada kompetensi dasar 1.4: menunjukkan Semangat Kebangsaan, Nasionalisme, Patriotisme, dalam kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara. Materi dalam kompetensi dasar tersebut mengajarkan bahwasannya sebagai warga negara bangsa Indonesia harus memiliki jiwa yang setia pada bangsa dan negara. Kata kunci : nilai nasionalisme, film, Sang Kiai

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai nasionalisme, film, Sang Kiai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 01 Jul 2014 11:58
Last Modified: 19 Oct 2021 02:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29683

Actions (login required)

View Item View Item