Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma

Pujiwati, Titik (2014) Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Lalita Karya Ayu Utami: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sma. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (672kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (481kB)

Abstract

Tujuan ini adalah (1) memaparkan latar sosio historis pengarang Ayu Utami, (2) mendeskripsikan struktur yang menbangun novel Lalita karya Ayu Utami, (3) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam novel Lalita karya Ayu Utami, (4) Mengimplementasikan konflik batin dalam novel Lalita karya Ayu Utami sebagai bahan ajar studi di SMA. Kajian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah konflik batin dalam novel Lalita karya Ayu Utami. Sumber data yang dipakai adalah sumber data primer dalam novel Lalitakarya Ayu Utami diterbitkan oleh penerbit Gramedia setebal 251 dan sumber data sekunder Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik analisis data meliputi pembacaan heuristik dan hermeneutik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Latar sosio historis pengarang (2) Struktur novel Lalita karya Ayu Utami difokuskan pada tema, alur, penokohan, dan latar. Tema dalam novel ini adalah misteri Candi Borobudur. Alur novel Lalita ini adalah alur campuran. Tokoh dalam novel terdiri dari tokoh utama (Lalita), tokoh pendamping (Sandi Yuda, Parang Jati, dan Marja), tokoh bawahan (Janaka,Oscar, Ansheldan Jisheng). Latar meliputi latar tempat (di Plasa Indonesia, Jalan Teuku Umar, Wilayah Menteng Jakarta, Borobudur, Candi Mendut, di Bandung kampus (ITB), dan Jawa Timur). Latar waktu dalam novel Lalita ini mulai tahun 2008 sampai dengan tahun 2010. Pada tahun 2008 pembukaan Restoran Buddha Bar dan ditutup tahun 2010. Latar sosial (Perjalanan bawah sadar dan kehidupan sehari-hari dengan alam mimpi dan Masyarakat desa meyakini bahwa vampir adalah takhayul belaka). (3) Konflik batin tokoh utama dalam novel Lalita terdapat 3 konflik. a) Konflik mendekat-mendekat, yaitu Lalita merasakan senang di dalam hidupnya ketika mengagumi seorang laki-laki. b) Konflik batin menghindar-menghindar, terdapat dua konflik yaitu 1) konflik antara percaya dan tidak percaya, 2) konflik antara sedih dan kekecewaan. c) Konflik batin mendekat-menghindar, terdapat dua konflik yaitu 1) konflik antara keinginan dan rasa bersalah, 2) konflik antara senang dan kecewa. (4) Hasil penelitian ini juga dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran sastra di SMA khususnya kelas XI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel Lalita¸ Konflik Batin, Psikologi Sastra, Implikasi Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2014 10:43
Last Modified: 01 Jul 2014 10:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29681

Actions (login required)

View Item View Item