Implementasi Karakter Kepedulian Sosial Pada Masyarakat Lereng Merapi (Studi Kasus pada Komunitas Lereng Merapi di Desa Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali)

Paramita, Prajna and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko M.Pd. (2014) Implementasi Karakter Kepedulian Sosial Pada Masyarakat Lereng Merapi (Studi Kasus pada Komunitas Lereng Merapi di Desa Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (540kB)
[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
1._Halaman_Depan.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
6._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan profil komunitas masyarakat lereng Merapi di Desa Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. 2. Mendiskripsikan pelaksanaan implementasi karakter kepedulian sosial pada komunitas masyarakat lereng Merapi di Desa Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. 3. Mendiskripsikan faktor-faktor yang menghambat implemenntasi karakter kepedulian sosial pada komunitas masyarakat lereng Merapi di Desa Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. 4. Mendiskripsikan solusi untuk mengatasi implemenntasi karakter kepedulian sosial pada komunitas masyarakat lereng Merapi di Desa Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan sumber data dari informan atau narasumber, peristiwa serta dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan mengkaji dokumen atau arsip. Untuk keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data yang meliputi perpanjangan pengamatan dan triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisisnya menggunakan analisis interaktif yang digunakan untuk memaparkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian adalah: 1. Komunitas masyarakat lereng Merpapi berada di Desa Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. 2. Anggota komunitas masyarakat lereng Merapi di Desa Jrakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali memiliki karakter kepedulian sosial yaitu memperlakukan orang lain dengan sopan, bertindak santun, mampu bekerja sama dalam kegiatan masyarakat dan menyayangi manusia dan makhluk lain. 3. Faktor yang menghambat adalah keterbatasan bahasa dalam menyampaian sosialisasi, kuranganya koordinasi antar anggota dalam membantu masyarakat sekitar, kuranganya sarana dan prasarana dalam komunitas. 4. Solusi mengatasi hambatan adalah Memberikan arahan bagi anggota yang lebih muda, pengadaan sarana dan prasarana dengan mengadakan iuran rutin pada saat pertemuan, melakukan pendataan untuk menyelamatkan warga sekitar bila terjadi bencana.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter, kepedulian sosial, masyarakat lereng Merapi
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Jul 2014 09:21
Last Modified: 19 Oct 2021 02:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29676

Actions (login required)

View Item View Item