Penanaman Nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Upacara Hari Senin Untuk Memperkuat Karakter Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014)

Sholehah, Aisyah Yahdi Nur (2014) Penanaman Nilai Nasionalisme Melalui Kegiatan Upacara Hari Senin Untuk Memperkuat Karakter Siswa (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (849kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (350kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan nilai nasionalisme dikalangan siswa, pelaksanaan upacara hari senin, serta kendala dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan upacara hari Senin di SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan sumber data kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan, dan siswa SMP Negeri 2 Banyudono Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan mencatat dokumen atau arsip. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Metode penelitian menggunakan teknik interaktif. Analisis interaktif digunakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen atau arsip. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Nilai nasionalisme dikalangan siswa ditanamkan dalam kegiatan upacara hari Senin. Siswa mengikuti kegiatan upacara hari Senin dengan sangat hikmat dan mematuhi tata tertib disekolah. Siswa selalu bersatu, sikap persatuan itu dapat tercemin dalam barisan ketika pelaksanaan upacara bendera hari Senin. Siswa berbaris sesuai dengan kelasnya masingmasing. Sikap nasionalisme yang dicerminkan sesuai dengan peran mereka sebagai siswa SMP. Sikap tersebut dapat dilihat pada berbagai perilaku siswa dalam kegiatan upacara hari Senin. Sikap-sikap tersebut yaitu menghormati guru, pahlawan yang telah gugur, dan tata tertib sekolah yang telah ada. 2) Pelaksanaan kegiatan upacara hari Senin sesuai dengan langkah-langkah kegiatan upacara yang telah dibuat sebelumnya. Proses pelaksanaan upacara hari Senin dilakukan dengan langkah-langkah upacara seperti penghormatan kepada bendera, mendengarkan pembacaan UUD 1945, pembacaan Pancasila, hening cipta dan amanat Pembina upacara. 3) Kendala dan solusi yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan upacara hari Senin secara umum karena faktor diskomunikatif dan alam. Diskomunikatif ini adalah komunikasi yang tidak baikan antara siswa dan Wakil kepala sekolah bagian kesiswaan dalam penunjukan petugas upacara. Faktor alam adalah cuaca yang tidak dapat di prediksi. Solusi yang muncul ketika terdapat masalah-masalah atau kendala yang sangat beraneka ragam pihak sekolah berusaha untuk memperbaiki dengan sosialisasi-sosialisasi tentang pentingnya kegiatan upacara hari Senin.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nasionalisme, Karakter
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Jul 2014 08:57
Last Modified: 01 Jul 2014 08:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29674

Actions (login required)

View Item View Item