Konstruksi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Syair Lagu (Studi Hermeneutika pada Lagu-Lagu Album Untukmu Indonesiaku dari Cokelat Band)

Riyadi, Slamet and , Drs. H. Sutan Syahrir Zabda, MH. (2014) Konstruksi Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Syair Lagu (Studi Hermeneutika pada Lagu-Lagu Album Untukmu Indonesiaku dari Cokelat Band). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (688kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (Lampiran)
08.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi nilai-nilai nasionalisme dalam syair lagu-lagu album Untukmu Indonesiaku dari Cokelat Band. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode dokumentasi dan studi pustaka. Untuk menganalisis data melalui data analisis teks atau hermeneutika. Penelitian ini mengkaji muatan nilai nasionalisme pada syair lagu-lagu album Untukmu Indonesiaku dari Cokelat Band dengan indikator nilai nasionalisme meliputi keinginan, rasa loyal, rasa hormat, dan rasa cinta seseorang kepada negaranya. Berdasarkan hasil analisis dengan indikator nilai nasionalisme disimpulkan bahwa (1) Nilai nasionalisme dalam wujud keinginan rakyat Indonesia untuk menjaga dan melindungi negara. Selain itu, sebagai warga negara yang baik harus berperilaku jujur, sabar, dan mempunyai pikiran yang jernih, (2) kesetiaan terhadap negara harus didasari hati yang ikhlas dan tidak dibatasi tempat dan waktu, selain itu akan tetap setia sampai kapanpun dalam arti tidak berkhinat, (3) penghormatan terhadap negara dapat dilakukan dengan saling menghormati karena adanya perbedaan dan menghargai sang merah putih sebagai bendera negara Indonesia, dan selalu menghargai negara meskipun banyak cobaan. Selain itu, Negara Indonesia adalah tanah air yang dijunjung tinggi dan dihormati tidak hanya melalui perkataan tetapi tertanam di dalam hati, (4) rasa cinta seseorang kepada negaranya dapat dilakukan denga cara menjaga nama baik negara dan menjaga perdamaian di Indonesia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai nasionalisme, syair lagu, studi hermeneutika, album Untukmu Indonesiaku
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Jul 2014 08:30
Last Modified: 19 Oct 2021 01:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29670

Actions (login required)

View Item View Item