Pemanfaatan Umbi Ganyong Dalam Pembuatan Yoghurt Dengan Penambahan Pewarna Alami Kelopak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L)

Riyanti, Etika Diana and , Nanik Suhartatik, S.TP, M.P. (2014) Pemanfaatan Umbi Ganyong Dalam Pembuatan Yoghurt Dengan Penambahan Pewarna Alami Kelopak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (552kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan Vitamin C, tingkat keasaman, dan daya terima konsumen terhadap yoghurt umbi ganyong dengan penambahan pewarna alami kelopak bunga rosella. Umbi ganyong dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pangan non beras yang mengandung senyawa prebiotik. Kelopak bunga rosella dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami karena mengandung pigmen antosianin membentuk warna merah. Rancangan dalam penelitian ini adalah menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan kombinasi 9 perlakuan dan 2 ulangan, faktor 1 jumlah umbi ganyong dan susu bubuk yang ditambahkan(100 g, 150 g, 200 g dan 5 g, 7,5 g, 10 g), faktor 2 kelopak bunga rosella (tanpa bunga rosella, 5 g, 10 g). Parameter yang diukur adalah kandungan vitamin C, tingkat keasaman, dan tingkat kesukaan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan kandungan vitamin C pada yoghurt yang paling tinggi terdapat pada perlakuan G3Kb2 (penambahan umbi ganyong 200 g dan kelopak bunga rosella 10 g) yaitu sebesar 11,880%(mg/100ml). Hasil Tingkat keasaman yang paling tinggi terdapat pada Perlakuan G1Kb2 (penambahan umbi ganyong 100 g dan ekstrak rosella 10 g) yaitu sebesar 2. Pada uji organoleptik atau tingkat kesukaan konsumen yang terbaik terdapat pada G2Kb2 (penambahan umbi ganyong 150 g dan ekstrak rosella 10 g) dengan jumlah rata-rata 19,5(mg/100ml). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penambahan umbi ganyong dan pewarna alami kelopak bunga rosella berpengaruh terhadap kandungan vitamin C, tingkat keasaman dan tingkat kesukaan konsumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Yoghurt, Umbi Ganyong, Rosella, Vitamin C.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2014 06:18
Last Modified: 18 Oct 2021 14:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29661

Actions (login required)

View Item View Item