Penanaman Nilai Kesetiakawanan Sosial Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Karawitan (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014)

Susanti, Lina Heni and , Drs. Ahmad Muhibbin, M.Si. (2014) Penanaman Nilai Kesetiakawanan Sosial Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Karawitan (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (374kB)
[img]
Preview
PDF (halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_.pdf

Download (824kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya penanaman nilai kesetiakawanan sosial, untuk mendeskripsikan kendala yang mempengaruhi dalam penanaman nilai kesetiakawanan sosial, untuk mendeskripsikan solusi penanaman nilai kesetiakawanan sosial pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler karawitan di SMP Negeri 1 Simo Kabupaten Boyolali Tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data meliputi kepala sekolah, pembina ekstrakurikuler karawitan, dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler karawitan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Metode penelitian menggunakan teknik interaktif. Analisis interaktif diginakan untuk membandingkan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan mengkaji dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penanaman sikap semangat kebersamaan dilaksanakan melalui kegiatan siswa dalam tata cara menghafal not syair, menabuh gamelan dan menyanyikan lagu macapat bersama-sama. Penanaman sikap kerelaan berkorban demi sesama dilaksanakan melalui siswa saling menunggu teman yang lain untuk pulang bersama-sama setelah ekstrakurikuler karawitan selesai. Penanaman sikap kegotongroyongan dalam kebersamaan dan kekeluargaan melalui kegiatan membersihkan ruang kesenian secara bersama-sama sesuai dengan jadwal piket. Kendala penanaman nilai kesetiakawanan sosial dalam diri siswa dipengaruhi oleh keegoisan individu, siswa tidak mau menunggu teman yang lain untuk pulang bersama-sama setelah ekstrakurikuler karawitan selesai, ajakan teman untuk tidak menjalankan tugas dalam regu piket sesuai jadwal yang ada. Untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan sikap saling membutuhkan, saling tolong menolong antar diri siswa dan sikap tenggang rasa. Sikap saling pengertian pada diri siswa harus mengutamakan tanggungjawabnya kepada teman-temannya maupun tanggung jawab kepada sekolah, sehingga diharapkan tidak terjadi konflik antar siswa yang merasa terganggu dengan sikap temannya yang acuh akan kewajibannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Karawitan, Kesetiakawanan Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Jul 2014 06:58
Last Modified: 19 Oct 2021 01:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29644

Actions (login required)

View Item View Item