Perbandingan Aktivitas Antioksidan Kombucha Teh Hijau (Camelia Sinensis) Dengan Teh Daun Mangga (Mangifera Indica) Dipengaruhi Lama Fermentasi

Sari, Nurmala and , Nanik Suhartatik, S.TP, M.P. (2014) Perbandingan Aktivitas Antioksidan Kombucha Teh Hijau (Camelia Sinensis) Dengan Teh Daun Mangga (Mangifera Indica) Dipengaruhi Lama Fermentasi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (338kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (609kB)

Abstract

Kombucha adalah produk yang dihasilkan melalui fermentasi bakteri Acetobacter xylinum pada teh. Teh hijau (Camenlia sinensis) merupakan salah satu tanaman yang banyak dimanfaatkan dalam pembuatan teh. Di Indonesia daun mangga (Mangifera indica) merupakan salah satu tanaman tropis yang mudah didapatkan. Lama fermentasi dalam pembuatan kombucha akan mempengaruhi citarasa dan aroma dalam kombucha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan aktivitas antioksidan kombucha teh hijau dengan kombucha daun mangga dipengaruhi lama fermentasi serta uji organoleptik, dan keasaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) 2 faktor, faktor pertama yaitu teh yang digunakan, yaitu teh hijau 300 mL (TH), teh daun mangga 300 mL (TM) dan faktor kedua yaitu lama fermentasi yaitu fermentasi 4 hari (F4), fermentasi 8 hari (F8), fermentasi 12 hari (F12) dengan 2 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan aktivitas antioksidan kombucha teh hijau dengan kombucha daun mangga tidak beda nyata terhadap uji organoleptik, total keasaaman dan aktivitas antioksidan. Aktivitas antioksidan kombucha tertinggi ada pada kombucha daun amngga dengan lama fermentasi 12 hari benilai 89,29%. Keasaman (pH) dari kombucha teh hijau dengan daun mangga sama untuk tiap perlakuan, kombucha fermentasi 4 hari pH 6, kombucha fermentasi 8 hari pH 5 dan kombucha fermentasi 12 hari pH 4. Kombucha yang paling disukai adalah kombucha teh hijau dengan fermentasi 4 hari. Kombucha teh hijau dengan kombucha daun mangga yang dapat dikonsumsi adalah kombucha teh hijau dengan kombucha daun mangga dipengaruhi lama fermentasi 4 dan 8 hari karena memiliki total asam lebih dari 5. Kombucha yang memiliki total asam kurang dari 5 kurang baik dikonsumsi karena dapat merusak lambung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teh Hijau, Daun Mangga, Fermentasi, Kombucha
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2014 09:14
Last Modified: 18 Oct 2021 13:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29641

Actions (login required)

View Item View Item