Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Model Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Dengan Model Pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Dan Upaya Pelestariannya Kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Putri, Lufita Rahma and , Drs. Sumanto (2014) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Antara Model Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) Dengan Model Pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan) Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Dan Upaya Pelestariannya Kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (846kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (281kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (657kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara model Crossword Puzzle (Teka-teki Silang) dengan model pembelajaran Index Card Match materi keanekaragaman makhluk hidup dan upaya pelestariannya siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura dilihat dari hasil belajar siswa ranah kognitif. Kelas yang digunakan dalam penelitian tiga kelas yang dipilih berdasarkan nilai Ulangan Harian dengan uji tmathcing. Kelas yang digunakan penelitian diberi perlakuan yang berbeda dengan materi yang sama. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode post test. Analisa data Uji statistik menggunakan Anova yang digunakan yaitu anova satu jalur atau One Way Anova dengan dibantu oleh program SPSS 15.0 for Windows. Rata-rata hasil belajar ranah kognitif kelas dengan model Index Card Match sebesar 85,14 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model Crossword Puzzle sebesar 84,17 dan konvensional sebesar 80,19. Hasil Uji normalitas diperoleh hasil pembelajaran konvensional diperoleh nilai p = 0,174; Data pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Index Card Match diperoleh nilai p = 0,120; Sedangkan data pada kelas eksperimen dengan Crossword Puzzle adalah diperoleh nilai p = 0,069. Sehingga dapat disimpulkan dari ketiga pembelajaran tersebut memiliki data normal. Hasil Uji One Way Anova diperoleh hasil Fhitung sebesar 9,201 dengan nilai p adalah 0,000. Maka Nilai p = 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak yang berarti Ada perbedaan. Hasil Uji Lanjut Post Hoc Test Anova yang menggunakan pembelajaran Index Card Match dan Crossword Puzzle diperoleh hasil p = 0,428 > 0,05, maka H0 diterima jadi tidak terdapat perbedaan. Perbandingan antara pembelajaran Index Card Match dan kelas kontrol p = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak jadi tidak terdapat perbedaan. Perbandingan antara pembelajaran Crossword Puzzle dan kontrol p = 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar, dimana pembelajaran model Index Card Match lebih efektif dibandingkan pembelajaran menggunakan model Crossword Puzzle dan konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran biologi, Index Card Match, Crossword Puzzle, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2014 09:07
Last Modified: 18 Oct 2021 13:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29640

Actions (login required)

View Item View Item