Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Khususnya Nilai Persatuan Indonesia Pada Etnis Thionghoa (Studi Kasus Perkumpulan Masyarakat Surakarta Tahun 2014)

Jannah, Via Nur and , Danang Tunjung Laksono, S. Pd, M. Pd. (2014) Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Khususnya Nilai Persatuan Indonesia Pada Etnis Thionghoa (Studi Kasus Perkumpulan Masyarakat Surakarta Tahun 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (257kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (67kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pancasila khususnya nilai persatuan Indonesia dalam kegiatan organisasi etnis thionghoa (studi kasus Perkumpulan Masyarakat Surakarta Tahun 2014). Penelitian ini untuk mengetahui tentang, (1) penanaman nilai-nilai pancasila khususnya nilai persatuan Indonesia bagi anggota PMS, (2) pelaksanaan penanaman nilai-nilai pancasila khususnya nilai persatuan Indonesia pada PMS, (3) kendala pelaksanaan nilainilai pancasila khususnya nilai persatuan Indonesia pada PMS. Penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi yaitu sumber data dan teknik pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan di hasilkan simpulan yaitu (1) Penanaman nilai-nilai pancasila khususnya nilai persatuan Indonesia pada Perkumpulan Masyarakat Surakarta bagi anggota yaitu melalui pelatihan kegiatan dalam seni budaya seperti seni tari, wayang orang, gamelan, campursari dan senam. Untuk menjadi anggota tidak ada syarat khusus harus etnis thionghoa Terdapat simbolsimbol kenegaraan dalam ruang pertemuan dan ruang kegiatan, (2) Pelaksanaan nilai persatuan Indonesia pada Perkumpulan Masyarakat Surakarta yaitu pertemuan rutin antar pengurus dan adanya kegiatan-kegiatan seperti seminar, arisan PMS, pemberian dana beasiswa, dan pengobatan murah, (3) Kendalakendala yang dihadapi berupa berupa masih adanya pandangan negatif tarhadap etnis thionghoa dan kurangnya partispasi dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan PMS.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pancasila, persatuan Indonesia, thionghoa
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Jun 2014 09:54
Last Modified: 19 Oct 2021 01:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29638

Actions (login required)

View Item View Item