Prestasi Belajar Manajemen Keuangan Ditinjau Dari Kebiasaan Belajar Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Keterampilan Mengajar Dosen Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011

Sandi, Tia Kurnianingsih and , Drs. Sudarto, HS. MM (2014) Prestasi Belajar Manajemen Keuangan Ditinjau Dari Kebiasaan Belajar Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Keterampilan Mengajar Dosen Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (876kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Ada pengaruh kebiasaan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar manajemen keuangan. 2) Ada pengaruh persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen terhadap prestasi belajar manajemen keuangan. 3) Ada pengaruh kebiasaan belajar mahasiswa dan persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen terhadap prestasi belajar manajemen keuangan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan akuntansi UMS yang mengikuti mata kuliah manajemen keuangan yang berjumlah 147 siswa dengan sampel sebanyak 104 siswa, diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut: Y = 34,829 + 0,196 X1 + 0,174 X2, artinya prestasi belajar dipengaruhi oleh kebiasaan belajar mahasiswa dan persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) kebiasaan belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung untuk variabel kebiasaan belajar mahasiswa sebesar 3,209 sehingga thitung > ttabel atau 3,209 > 1,983 (α = 0,05). (2) persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung untuk variabel persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen sebesar 3,881 sehingga thitung > ttabel atau 3,881 > 1,983 (α = 0,05). (3) kebiasaan belajar mahasiswa dan persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 15,854 sehingga Fhitung > Ftabel atau 15,854 > 3,085 dengan taraf sig 5%. (4) hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,237 berarti 23,7% prestasi belajar dipengaruhi oleh variabel kebiasaan belajar mahasiswa dan persepsi mahasiswa tentang keterampilan mengajar dosen, sisanya sebesar 73,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan, persepsi, prestasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Jun 2014 08:11
Last Modified: 19 Oct 2021 14:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29636

Actions (login required)

View Item View Item