Pengaruh Waktu Perkuliahan Dan Lingkungan Kelas Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Akuntansi Biaya 2 Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta

Izzati, Rosyida Rahma (2014) Pengaruh Waktu Perkuliahan Dan Lingkungan Kelas Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Akuntansi Biaya 2 Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (785kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (515kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh waktu perkuliahan terhadap tingkat konsentrasi belajar akuntansi biaya 2, 2) pengaruh lingkungan kelas terhadap tingkat konsentrasi belajar akuntansi biaya 2, 3) pengaruh waktu perkuliahan dan lingkungan kelas terhadap tingkat konsentrasi belajar akuntansi biaya 2. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di Kampus 1 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011 yang berjumlah 200 mahasiswa dengan sampel sebanyak 127 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 19,033 + 1,090 (X1) + 0,263 (X2), yang artinya konsentrasi belajar akuntansi biaya 2 dipengaruhi oleh waktu perkuliahan dan lingkungan kelas. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Waktu perkuliahan berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi belajar akuntansi biaya 2. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 4,867 > 1,979 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (2) Lingkungan kelas berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi belajar akuntansi biaya 2. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 3,444 > 1,979 dengan nilai signifikansi 0,001<0,05. (3) Waktu perkuliahan dan lingkungan kelas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap konsentrasi belajar akuntansi biaya 2. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung F > tabel F yaitu 16,812 > 3,069 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Variabel waktu perkuliahan memberikan sumbangan efektif sebesar 14,414%. Variabel lingkungan kelas memberikan sumbangan efektif sebesar 6,884%, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 21,3%, sedangkan 78,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Waktu Perkuliahan, Lingkungan Kelas, Konsentrasi Belajar Akuntansi Biaya 2.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Jun 2014 07:50
Last Modified: 30 Jun 2014 14:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29635

Actions (login required)

View Item View Item