Perbedaan Hasil Belajar IPA-Biologi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Dan Model Pembelajaran Jigsaw Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014

Lestari, Asti Dwi and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Perbedaan Hasil Belajar IPA-Biologi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Dan Model Pembelajaran Jigsaw Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (325kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (816kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) dan menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada pokok materi struktur tubuh tumbuhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah tiga kela s, dipilih secara acak. Kelas yang digunakan penelitian diberi perlakuan yang berbeda dengan materi yang sama. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan post test. Analisa data Uji statistik menggunakan uji validitas, reliabilitas, derajat kesukaran, daya beda soal, normalitas, homogenitas, dan untuk uji hipotesis menggunakan uji Kruskal-Wallis dan Mann- Whitney U Test dengan dibantu oleh program SPSS 15.0 for Windows. Rata -rata hasil belajar ranah kognitif kelas VIIIG dengan model TPS sebesar 80,5 lebih rendah dari pada kelas yang menggunakan model Jigsaw sebesar 81 dan konvensional sebesar 72. Hasil Uji hipotesis Kruskal-Wallis pembelajaran menggunakan pembelajaran model TPS dan Jigsawdiperoleh 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran TPS, Jigsaw dan kontrol. Hasil uji lanjut menggunakan Mann-Whitney U Test hasil TPS-Jigsaw diperoleh 0,760 > 0,05 jadi H0 diterima; TPS -Kontrol diperoleh 0,000 < 0,05 H0 ditolak; Jigsaw-Kontrol diperolah 0,000 < 0,05 H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diperoleh kesimpulkan: terdapat perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran TPS, Jigsaw, dan Konvensional (ceramah) pada mata pelajaran biologi materi struktur tubuh tumbuhan kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2013/2014. Model pembelajaran jigsaw paling efektif digunakan dalam proses pembelajaran materi struktur tubuh tumbuhan dibandingkan dengan model pembelajaran TPS (Think Pair Share) dan ceramah (konvensional) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura tahun pelajaran 2013/2014 .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model belajar tps, model belajar jigsaw , hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2014 07:36
Last Modified: 18 Oct 2021 13:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29633

Actions (login required)

View Item View Item