Pengaruh Pembelajaran Strategi Problem Solving Dan Reading Guide Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Khasanah, Uswatun and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Pengaruh Pembelajaran Strategi Problem Solving Dan Reading Guide Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Sambi Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (634kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
BBA_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] PDF (Bab IV)
BBA_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (Bab V)
BBA_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (852kB)

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan seorang guru untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal salah satunya adalah guru dapat memilih dan menggunakan strategi yang tepat. Problem Solving merupakan strategi pengajaran yang digunakan guru untuk mendorong siswa mencari dan menemukan serta memecahkan persoalan-persoalan, sedang Reading Guide merupakan panduan membaca, maksudnya membaca bacaan yang disiapkan sesuai dengan materi yang hendak disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan strategi Problem Solving dan Reading guide pada siswa kelas VIII SMP N 1 Sambi Boyolali. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Menggunakan analisis parametrik One Way Anava. Memberikan perlakuan tiga kelas yaitu 2 kelas dengan menggunakan strategi pembelajaran dan 1 kelas dengan ceramah (kontrol). Hasil yang dinilai adalah nilai rata-rata kognitif tertinggi diperoleh kelas Problem Solving 7,52, kemudian kelas Reading Guide 7,42 dan yang terendah diperoleh kelas kontrol 6,74. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada hasil belajar kognitif nilai signifikansi yaitu 0,01 < 0,05, sehingga Ho ditolak maka ada pengaruh hasil belajar kognitif siswa menggunakan strategi Problem Solving dan Reading Guide. Hasil belajar afaektif nilai signifikansi 0,238 > 0,05 sehingga Ho diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMP N 1 Sambi Boyolali tahun ajaran 2013/2014 menggunakan strategi Problem Solving dan Reading Guide.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Problem Solving, Reading Guide
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2014 07:29
Last Modified: 18 Oct 2021 13:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29631

Actions (login required)

View Item View Item