Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Mind Mapping Pada Anak Kelompok B1 TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014

Arti, Muflikhah Siwi and , Sri Slamet S,Pd., M.Hum. and , Willi Astuti, S.Pd., M.Hum. (2014) Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Mind Mapping Pada Anak Kelompok B1 TK Aisyiyah Pabelan Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (729kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kosakata bahasa Inggris anak dengan menggunakan metode mind mapping. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam siklus secara berulang. Empat kegiatan utama yang ada pada setiap siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan, penngamatan, dan refleksi. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang diambil dalam penelitian ini berupa data kemampuan kosakata (vocabulary) bahasa Inggris anak. Pengambilan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 dan guru TK Aisyiyah Pabelan Kartasura. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 kali siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kosakata bahasa Inggris anak melalui metode mind mapping. Peningkatan tersebut yaitu pada prasiklus sebesar 42,74%, pada siklus I mencapai 63,77% dengan peningkatan dari prasiklus sebesar 21,03%. Pada siklus II rata-rata pencapaian anak sebesar 84,20% dengan peningkatan mencapai 20,43%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode mind mapping dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B1 di TK Aisyiyah Pabelan Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kosakata bahasa Inggris, metode mind mapping
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2014 07:21
Last Modified: 19 Oct 2021 11:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29630

Actions (login required)

View Item View Item