Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Bahasa Pada Siswa Kelas I SD Negeri Kragilan 2 Gemolong Tahun 2013/2014

Kurnianto, Adi and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Bahasa Pada Siswa Kelas I SD Negeri Kragilan 2 Gemolong Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (457kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (886kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan permainan bahasa pada siswa kelas I SD Negeri Kragilan 2 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen, mengetahui seberapa besar permainan bahasa dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri Kragilan 2 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen, mengetahui hambatan-hambatan yang ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dengan permainan bahasa pada siswa kelas I SD Negeri Kragilan 2 Kecamatan Gemolong Kabupaten Sragen. Adapun metode penelitian tindakan kelas ini ditempuh dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan meliputi empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara permainan yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran membaca permulaan dengan media pembelajaran berupa kartu huruf, kartu suku kata, kartu kata, kartu kalimat, dan papan panel. Pembelajaran dilakukan dengan permainan sehingga siswa akan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan diakhiri dengan pemberian tugas sebagai evaluasi dan feed back disetiap pertemuan dalam siklus. Hasil yang diperoleh setelah penelitian tindakan kelas ini adalah merekam bahasa siswa, membaca gambar, membaca dengan menggunakan kartu kalimat, dan membaca dengan buku pada siklus I 53,84%% siklus II 76,92%, nilai rata-rata siklus I 69,61 sedangkan siklus II 75. Simpulan dengan permainan bahasa terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi siswa kelas I SD Negeri Mijen II Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Oleh karena itu saran dari peneliti hendaknya guru menggunakan permainan dalam melakukan pembelajaran membaca sehingga siswa tanpa disadari telah melakukan aktivitas belajar membaca tanpa ada paksaan dan tekanan dari guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Permulaan,Permainan,Bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2014 06:54
Last Modified: 20 Oct 2021 00:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29625

Actions (login required)

View Item View Item