Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Guided Note Taking Pada Siswa Kelas VB SD Negeri Mojolegi, Teras, Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Hanifah, Lolyta Nur (2014) Peningkatan Partisipasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Guided Note Taking Pada Siswa Kelas VB SD Negeri Mojolegi, Teras, Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (896kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (574kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika siswa melalui penerapan strategi guided note taking. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SD Negeri Mojolegi, Teras, Boyolali berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari: 1) Peningkatan partisipasi belajar dalam antusias belajar dan mencatat materi prosentase pada prasiklus 38,63%, pada siklus I 60,22%, siklus II 88,63%. 2) Partisipasi belajar siswa dalam menjawab pertanyaan dan memberi tanggapan prosentase prasiklus 37,50%, siklus I 59,09%, dan siklus II 89,77%. 3) Partisipasi belajar siswa dalam mengerjakan dan menyelesaikan soal atau tugas, baik secara individu dan kelompok dari prosentase prasiklus 42,04%, siklus I 63,63%, dan siklus II 88,63%. 4) Partisipasi belajar siswa dalam menyimpulkan materi pelajaran prosentase prasiklus 42,04%, siklus I 52,27%, dan siklus II 82,95%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan proses pembelajaran sebelum tindakan sebesar 45,45% siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan setelah dilakukan tindakan meningkat sebesar 68,18% pada siklus I, dan di akhir tindakan siswa yang tuntas dalam pembelajaran meningkat menjadi 95,45%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran guided note taking dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VB SD Negeri Mojolegi, Teras, Boyolali tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Belajar, Hasil Belajar, Guided Note Taking
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2014 06:32
Last Modified: 30 Jun 2014 17:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29622

Actions (login required)

View Item View Item