Qoma., Isti and , Drs.Nur Chusni, SE., M.Ag (2014) Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Persepsi Mahasiswa Tentang Undang-Undang Guru Dan Dosen Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (199kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (583kB) |
Abstract
Keluarga terhadap Minat Menjadi Guru, 2) pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen terhadap Minat Menjadi Guru, 3) pengaruh Lingkungan Keluarga dan Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen secara bersama-sama terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 FKIP UMS. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010 yang berjumlah 190 siswa dengan sampel sebanyak 123 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan cara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y=15,947+0,387(X1)+0,303(X2), yang artinya Minat Menjadi Guru dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan persepsi mahasiswa tentang undang-undang guru dan dosen (UUGD). Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Lingkungan Keluarga berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Guru. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 5,739 > 1,979 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (2) Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Guru. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung t > tabel t yaitu 4,121 > 1,979 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (3) Lingkungan Keluarga dan Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Minat Menjadi Guru. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai hitung F > tabel F yaitu 47,024 > 1,979 dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Variabel Lingkungan Keluarga memberikan sumbangan efektif sebesar 26,779%. Variabel Persepsi Mahasiswa tentang Undang-undang Guru dan Dosen memberikan sumbangan efektif sebesar 17,121 %, sehingga total sumbangan efektif keduanya sebesar 43,9%, sedangkan 56,1% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Keluarga, Persepsi Mahasiswa tentang Undangundang Guru dan Dosen, Minat Menjadi Guru. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Jun 2014 12:40 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29616 |
Actions (login required)
View Item |