Analisis Pengendalian Proses Produksi Untuk Meningkatkatkan Kualitas Produk Pada Perusahaan PT. Batik Dan Liris Sukoharjo

Setiawati, Fitria and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2014) Analisis Pengendalian Proses Produksi Untuk Meningkatkatkan Kualitas Produk Pada Perusahaan PT. Batik Dan Liris Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengendalian proses produksi pada perusahaan PT. Batik Dan Liris Sukoharjo dan untuk mengetahui hubungan antara pengendalian proses produksi dengan peningkatan kualitas yang dihasilkan. Adapun perumusan masalahnya yaitu: “Apakah pelaksanaan pengendalian proses produksi pada perusahaan PT. Batik Dan Liris Sukoharjo dapat meningkatkan kualitas produk secara efektif dan efisien ?”. dalam penelitian ini sebagai variabel bebas (x) adalah pengendalian proses produksi sedangkan variabel terikat (y) adalah kualitas produk. Hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah: “Bahwa pengendalian proses produksi pada perusahaan PT. Batik Dan Liris Sukoharjo sudah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sehingga dapat meningkatkan kualitas produk secara efektif dan efisien”. Sebelum mengadakan pengumpulan data, penulis mengambil sampel yaitu data produk yaitu data yang diperiksa dan data yang rusak tahun 2009 sampai tahun 2013. Sedangkan teknik yang digunakan adalah purpose non random sampling. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu metode dokumentasi, interview, observasi, kepustakaan, kemudian dari data yang diperoleh di lakukan analisis control chart, analisis korelasi dan uji t. Dari analisis control chart dari tahun 2009 sampai dengan 2013, prosentase kerusakan tidak melebihi batas pengawasan yang ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa pengendalian proses produksi yang dilaksanakan telah benar-benar efektif, dengan demikian penyimpangan yang terjadi dan besarnya tingkat kerusakan pada tahun 2009 sampai dengan 2013 masih dalam batas-batas pengawasan. Dari analisis korelasi diperoleh hasil r sebesar 0,894. Hal ini menunjukkan bahwa pengendalian proses produksi dengan kualitas produk mempunyai hubungan yang kuat positif. Keeratan hubungan ini ditentukan dengan uji t yaitu thitung sebesar 3,45 sedang ttabel, 3,182. Oleh karena thitung > ttabel maka Ho ditolak, hal ini menunjukkan yang kuat dan positif antara pengendalian proses produksi dengan kualitas produk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian proses produksi, kualitas produk
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jun 2014 12:24
Last Modified: 19 Oct 2021 13:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29614

Actions (login required)

View Item View Item