Iklim Kelas Pembelajaran Ekonomi Dengan Kurikulum 2013 Pada Sekolah SMA Negeri 2 Pemalang Kelas X Tahun Ajaran 2013/2014 (Studi Etnografi Di SMA Negeri 2 Pemalang)

Granieta, Mithafani and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2014) Iklim Kelas Pembelajaran Ekonomi Dengan Kurikulum 2013 Pada Sekolah SMA Negeri 2 Pemalang Kelas X Tahun Ajaran 2013/2014 (Studi Etnografi Di SMA Negeri 2 Pemalang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH.pdf

Download (804kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan iklim kelas pembelajaran ekonomi dengan kurikulum 2013 yang meliputi Kedisiplinan kelas, Sosio-emosional kelas, Fisikal kelas dan Sosial kelas. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan adalah kepala sekolah, guru ekonomi kelas X, dan siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data digunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian (1) Sosial iklim kelas pembelajaran ekonomi antara lain terciptanya komunikasi yang komunikatif, kepuasaan pembelajaran, tidak ada permusuhan, kompetisi, keutuhan dan kerjasama antara siswa dan guru. Dalam proses pembelajaran guru mengurangi kesulitan dan kejenuhan. (2) Fisikal iklim kelas pembelajaran ekonomi antara lain terciptanya kerapian, kebersihan, dan keamanan di dalam kelas. Instalasi dan pencahayaan di dalam kelas sangat mendukung proses pembelajaran. Dalam pembelajaran ekonomi memiliki perlengkapan belajar tetapi belum lengkap untuk buku pegangan siswa belum ada yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan letak gedung sangat strategis. (3) Kedisiplinan iklim kelas pembelajaran ekonomi antara lain terciptanya ketertiban, kesadaran akan peraturan, dan hukuman untuk pelanggaran. Guru memiliki pendekatan eksternal dan insternal untuk menyelasaikan masalah siswa. Pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi. (4) Sosio-emosional iklim kelas ekonomi antara lain terjadi hubungan emosional, kesadaran emosional dan pengelolaan emosional antara siswa dan guru. Menciptakan sikap saling hormat-menghormati, keakraban, kekeluargaan, di dalam kelas dan keadilan guru dalam perhatian dan penilaian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Iklim kelas, Sosial kelas, Fisikal kelas, Kedisiplinan kelas, Sosioemosional kelas, Pembelajaran ekonomi dengan kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jun 2014 11:24
Last Modified: 19 Oct 2021 03:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29604

Actions (login required)

View Item View Item