Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Di TK Pertiwi Karanglor, Manyaran, Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014

Nurvita, Fitri and , Dr. Darsinah, M. Si (2014) Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Di TK Pertiwi Karanglor, Manyaran, Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (893kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap perkembangan kognitif anak TK Pertiwi Karanglor Manyaran Wonogiri tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian ini adalah eksperimen jenis One Group Pretest Posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B1 TK Pertiwi Karanglor Manyaran Wonogiri tahun ajaran 2013/2014 umur 5-6 tahun yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dengan instrument penelitian berbentuk rating scale. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui status perkembangan kognitif anak sebelum dan sesudah diberikan eksperimen menggunakan permainan puzzle. Analisis inferensial untuk menguji hipotesis menggunakan uji T dalam program SPSS 16 yaitu Paired Sample T-test. Hasil analisis data pada α = 5% diperolehthitung = 11.500 dan ttabel = 2.093 karena thitung > ttabel = 11.500 > 2.093 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif anak sesudah diberikan perlakuan menggunakan permainan puzzle berpengaruh daripada perkembangan kognitif anak sebelum diberikan eksperimen menggunakan permainan puzzle. Kesimpulan penelitian adalah bahwa permainan puzzle berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B1 di TK Pertiwi Karanglor Manyaran Wonogiri tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Puzzle, Perkembangan Kognitif Anak
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2014 12:50
Last Modified: 16 Oct 2021 14:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29600

Actions (login required)

View Item View Item