Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B TK Bakti I Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014

Kartikasari, Febryana and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B TK Bakti I Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (507kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (362kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak Kelompok B TK Bakti I Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian ini adalah eksperimen jenis One Group Pretest-Posttest, yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak Kelompok B TK Bakti I Karanganyar yang berjumlah 10 anak, karena populasi yang diteliti dapat dijangkau oleh peneliti maka tidak diambil sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pedoman observasi dengan instrumen penelitian berbentuk rating scale. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui pencapaian indikator perkembangan sosial emosional anak sebelum dan sesudah diberikan eksperimen menggunakan metode bermain peran. Analisis inferensial untuk menguji hipotesis menggunakan uji T dalam program SPSS 18 yaitu Independent Sample T-test. Hasil analisis data pada α = 5% diperoleh thitung = 11,759 dan ttabel = 2,262 karena thitung > ttabel = 11,759>2,262 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan sosial emosional anak setelah diberikan eksperimen menggunakan metode bermain peran lebih baik daripada perkembangan sosial emosional anak sebelum diberikan eksperimen menggunakan metode bermain peran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak Kelompok B TK Bakti I Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode bermain peran, perkembangan sosial emosional anak
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2014 12:34
Last Modified: 19 Oct 2021 11:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29598

Actions (login required)

View Item View Item