Analisis Asal Sekolah Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010

Mahmudah, Siti and , Dra. Suparti, M.Si (2014) Analisis Asal Sekolah Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (958kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asal sekolah terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa pendidikan biologi FKIP UMS angkatan tahun 2010.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan populasi penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi FKIP UMS angkatan tahun 2010 yang berjumlah 186 mahasiswa dan sampel yang digunakan sebanyak 46 mahasiswa. Teknik sampling untuk sekolah negeri yaitu teknik random dengan undian sedangkan untuk sekolah swasta semua menjadi sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana, uji F, uji t dan koefisien determinasi (R2).Hasil analisis data dengan persamaan regresi sederhana dimana ditemukan formulasi Y = 2.848 + 0.085X. Berdasarkan uji F pada nilai Sig. 0.05. dimana Sig. < 0.05 maka ada pengaruh positif asal sekolah terhadap indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Uji t pada sekolah negeri diperoleh hasil Sig. 0.111. sedangkan untuk sekolah swasta diperoleh nilai Sig. 0.601. Hal ini berarti 0.111 > 0.05 dan 0.601 > 0.05 yang berarti variabel sekolah negeri tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap indeks prestasi mahasiswa dan variabel sekolah swasta juga tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Untuk hasil koefisien determinasi (R2) diperoleh angka koefisien determinasi sebesar 0.014% hal ini berarti 1.4% variasi indeks prestasi belajar dipengaruhi atau dijelaskan oleh variasi asal sekolah baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. sementara sisanya 98.6% dipengaruhi oleh faktor yang tidak ikut terdata.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: asal sekolah, Indeks Prestasi Kumulatif, uji prasyarat dan analisis data
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 09:51
Last Modified: 18 Oct 2021 11:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29555

Actions (login required)

View Item View Item