Uji Potensi Pupuk Organik Limbah Serasah Dengan Inokulum Kotoran Sapi Berbagai Konsentrasi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabai Rawit (Capsicum Frutescens)

Ummairoh, Ummairoh and , Dr. Siti Chalimah, M.Pd. (2014) Uji Potensi Pupuk Organik Limbah Serasah Dengan Inokulum Kotoran Sapi Berbagai Konsentrasi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Cabai Rawit (Capsicum Frutescens). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (718kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN_FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penurunan kualitas lahan pertanian merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan pertanian indonesia. Keadaan ini diperparah dengan banyaknya petani yang menggunakan pupuk kimia secara berkelanjutan. diperlukan suatu usaha untuk memenuhi kesejahteraan masyarakat petani tanpa harus mengurangi kualitas lahan pertanian Penggunaan pupuk organik limbah serasah dengan inokulum kotoran sapi dapat digunakan sebagai salah satu solusi pengganti pupuk kimia. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui potensi pupuk organik dari limbah serasah dan kotoran sapi dengan berbagai konsentrasi terhadap pertumbuhan tanaman cabai rawit. 2) Mengetahui perbedaan pertumbuhan tanaman dari berbagai konsentrasi pupuk organik limbah serasah. Perameter yang diukur adalah tinggi tanaman, jumlah daun, dan biomassa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor yaitu konsentrasi pupuk organik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi pupuk organik limbah serasah 15%, 17,5%, dan 20% memberikan pengaruh baik terhadap pertumbuhan tanaman cabai rawit, khususnya pada tinggi tanaman dan jumlah daun. Sedangkan biomassa memberikan hasil yang kurang mendukung karena berbagai faktor. Pupuk organik berpotensi terhadap pertumbuhan tanaman cabai rawit. Konsentrasi pupuk organik yang berbeda akan memberikan hasil pertumbuhan yang berbeda. Konsentrasi pupuk organik 17,5% memberikan pengaruh paling baik pada pertumbuhan tanaman dibanding dengan perlakuan yang lain dan kontrol.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pupuk organik limbah serasah, cabai rawit
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2014 07:03
Last Modified: 18 Oct 2021 11:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29539

Actions (login required)

View Item View Item