Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X I Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasuratahun Pelajaran 2013/2014

Isdiati, Erni Harlina and , Drs. Djumali, M.Pd (2014) Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X I Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasuratahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01._Halaman_Depan.pdf

Download (847kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._Bab_I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
03._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] PDF (Bab III)
04._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._Daftar_Pustaka.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (793kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Tujuan Umum meliputi: Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Ekonomi. Tujuan Khusus :Mengetahui peningkatan keaktifan Pembelajaran Ekonomi dengan menerapkan Metode Two Stay Two Stray pada siswa kelas X I Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasura Tahun Pelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana dalam masing-masing siklus terdapat empat tahapanya itu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran Ekonomi Objek penelitian adalah siswa kelas X I Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasura tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 21 perempuan .Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengenai penerapan metode Two Stay Two Stray dalam pembelajaran Ekonomi pada siswa kelas X I Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasura tahun pelajaran 2013/2014 menunjukkan keaktifan siswa sebelum tindakan 28,92%, setelah tindakan siklus I sebesar 58,32% dan meningkat menjadi 85,76% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan penerapan metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X I Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasura tahun pelajaran 2013/2014 diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran Two Stay Two Stray, keaktifan siswa, Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 11:27
Last Modified: 19 Oct 2021 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29526

Actions (login required)

View Item View Item