Ariani, Nurul Dwi and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2014) Kedisiplinan Belajar Matematika Ekonomi Ditinjau Dari Karakteristik Dosen Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (402kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
||
|
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Download (385kB) |
|
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (250kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh Karakteristik Dosen terhadap Kedisiplinan Belajar Matematika Ekonomi, 2) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Kedisiplinan Belajar Matematika Ekonomi, 3) pengaruh Karakteristik Dosen dan Motivasi Belajar terhadap Kedisiplinan Belajar Matematika Ekonomi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini dilaksanakan di kampus 1 Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2013 yang berjumlah 183 mahasiswa dengan sampel sebanyak 119 mahasiswa yang diambil dengan teknik Simple Random Sampling dengan cara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda. Hasil analisis regresi linear ganda diperoleh persamaan: Y = 16,896 + 0,366 (X1) + 0,300(X2), yang artinya Kedisiplinan Belajar Matematika Ekonomi dipengaruhi oleh Karakteristik Dosen dan Motivasi Belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) Karakteristik Dosen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kedisiplinan Belajar Matematika Ekonomi. Hal ini terbukti dari analisis regresi linear ganda diperoleh thitung ttabel yaitu 5,085 2,271 dengan nilai signifikansi 0,000 0,05. 2) Motivasi Belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kedisiplinan Belajar Matematika Ekonomi. Hal ini terbukti dari analisis regresi linear ganda diperoleh thitung ttabel yaitu 3,897 2,271 dengan nilai signifikansi 0,000 0,05. 3) Karakteristik Dosen dan Motivasi Belajar secara bersama-sama atau serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kedisiplinan Belajar Matematika Ekonomi. Hal ini terbukti dari analisis regresi linear ganda diperoleh Fhitung Ftabel yaitu 41,252 3,0744 dengan nilai signifikansi 0,000 0,05. 4) Variabel Karakteristik Dosen memberikan sumbangan efektif sebesar 33,9%, sedangkan variabel Motivasi Belajar memberikan sumbangan efektif sebesar 7,7%, sehingga total sumbangan efektif dari keduanya sebesar 41,6%, sedangkan sisanya sebesar 58,4% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik Dosen, Motivasi Belajar, Kedisiplinan Belajar Matematika Ekonomi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 10:32 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 03:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29519 |
Actions (login required)
View Item |