Pengaruh Motivasi Belajar Dan Presepsi Kelengkapan Fasilitas Laboratorium Komputer Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Informatika Dan Komunikasi Siswa Kelas X Di SMA Islam Terpadu Nur Hidayah Tahun Ajaran 2012/2013

Sari, Dwi Bagus Arum and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2014) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Presepsi Kelengkapan Fasilitas Laboratorium Komputer Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Informatika Dan Komunikasi Siswa Kelas X Di SMA Islam Terpadu Nur Hidayah Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatra Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (939kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan presepsi kelengkapan fasilitas laboratorium komputer terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran teknologi informatika dan komunikasi kelas X Sekolah Menengah Atas islam terpadu Nur Hidayah tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian berlokasi di SMA Islam Terpadu Nur Hidayah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Terpadu Nur Hidayah yang berjumlah 100 siswa dan sample sebesar 80 siswa dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t, sumbangan relative dan sumbangan efektif. Hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Motivasi belajar mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari uji t dengan hasil thitung> ttabel sebesar 2,443 > 1,991 dengan nilai probabilitas 0,017 < 0,05. 2) Presepsi kelengkapan fasilitas laboratorium komputer mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi siswa yang dapat dilihat dari uji t dengan hasil thitung > ttabel sebesar 3,911> 1,991 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. 3) Motivasi belajar dan presepsi kelengkapan laboratorium komputer secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prsetasi belajar siswa, terbukti dari hasil uji F bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 14,603 > 3,115 dengan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Variabel motivasi belajar dan presepsi kelengkapan fasilitas laboratorium komputer masing-masing memberikan sumbangan relatif sebesar 34,06% dan 65,94%, sehingga total sumbangan relatif 100%. Dari data diatas dapat disimpukan bahwa motivasi belajar akan tercipta dan tumbuh dengan baik apabila prespsi fasilitas laboratorium komputer tersedia dengan baik dan lengkap sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas X SMA Islam Terpadu Nur Hidayah tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh motivasi belajar, presepsi kelengkapan fasilitas laboratorium, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 10:06
Last Modified: 19 Oct 2021 02:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29516

Actions (login required)

View Item View Item