Penerapan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Sulaemah, Siti and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bba III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sawit Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sawit dengan jumlah 32 siswa yaitu 11 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Pelaksana penelitian ini adalah peneliti. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Prosedur dalam Penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,pemantauan ( observasi ), dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar ekonomi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Numbered Heads Together. Hal ini dapat terlihat dari: 1) Aktif dalam bertanya, 2) Aktif dalam mengemukakan pendapat, 3) Aktif dalam menjawab pertanyaan, 4) Aktif dalam berdiskusi kelompok, 5) Aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi. Sebelum pelaksanaan siklus rata-rata keaktifan siswa sebesar 17,57% dan prestasi belajar siswa sebesar 62,5%. Pada siklus I rata-rata keaktifan siswa sebesar 53,45% dan prestasi belajar siswa meningkat sebesar 66,13%. Pada siklus II rata-rata keaktifan siswa sebesar 85,33 % dan prestasi belajar siswa meningkat sebesar 86,21%. Hal ini berarti peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa melebihi indikator pencapaian yakni 85%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Numbered Heads Together, Keaktifan Siswa, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 09:43
Last Modified: 19 Oct 2021 02:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29514

Actions (login required)

View Item View Item