Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Kegiatan Organisasi Tapak Suci (Studi Kasus pada Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci di Universitas Muhammadiyah Surakarta Periode Kepengurusan 2013)

Priyanti, Priyanti and , Danang Tunjung Laksono, S. Pd, M. Pd. (2014) Nilai-Nilai Nasionalisme Dalam Kegiatan Organisasi Tapak Suci (Studi Kasus pada Unit Kegiatan Mahasiswa Tapak Suci di Universitas Muhammadiyah Surakarta Periode Kepengurusan 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (250kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai nasionalisme dalam kegiatan organisasi tapak suci (studi kasus pada unit kegiatan mahasiswa tapak suci di Universitas Muhammadiyah Surakarta periode kepengurusaan 2013). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Strategi penelitian yang digunakan adalah studi kasus, keabsahan data menggunakan dua macam trianggulasi yaitu sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data didapatkan dari narasumber (informan), tempat penelitian, arsip maupun dokumen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan di hasilkan simpulan yaitu (1) muatan nilainilai nasionalisme pada organisasi tapak suci terlihat pada tradisi sebagai karya budaya yang mengedepankan makna perjuangan bangsa serta nilai-nilai moral dalam pelaksanaan kegiatan seperti upacara saat pembukaan, adanya bendera Merah Putih, terdapat burung garuda dalam UKM, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya ketika kejuaraan (2) pelaksanaan nilai-nilai nasionalisme dalam kegiatan organisasi tapak suci terlihat dalam bentuk rasa cinta tanah air dan bangsa, mengembang rasa bangga berkebangsaan dan bertanah air Indonesia, meningkatkan semangat Bhineka Tuggal Ika kecintaan bangsa yang ditunjukkan dengan kegiatan yang berkaitan dengan prestasi yang diraih sehingga membentuk jiwa nasionalisme serta membawa nama baik bangsa. Melaksanakan peraturan seperti halnya instruksi, sikap hormat, menanamkan sikap prestasi dan kedisiplinan seperti halnya melengkapi atribut seragam serta mengamalkan Ikrar Tapak Suci. (3) kendala pelaksanaan nilai-nilai nasionalisme dalam kegiatan organisasi yaitu dipengaruhi oleh dua faktor antara lain: faktor eksternal terdiri dari lingkungan organisasi. Sedangkan faktor internal yaitu keluarga dan diri sendiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nasionalisme, organisasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 09:04
Last Modified: 19 Oct 2021 01:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29511

Actions (login required)

View Item View Item