Konstruksi Pendidikan Karakter Religius Pada Novel “Ayyub Dan Ulat-Ulat Yang Menggerogotinya” (Analisis Hermeneutika untuk Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)

Setiyawan, Imam and , Dra. Hj . Sri Gunarsi, S.H., M.H. (2014) Konstruksi Pendidikan Karakter Religius Pada Novel “Ayyub Dan Ulat-Ulat Yang Menggerogotinya” (Analisis Hermeneutika untuk Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (462kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (910kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah, untuk mendiskripsikan muatan pendidikan karakter rligius yang ada dalam novel “Ayyub dan Ulat-Ulat ynag Menggerogotinya”. Bagaimana konstruksi pendidikan karakter religius yang terdapat dalam Novel Ayyub dan Ulat-Ulat yang Menggerogotinya? Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang dilaksanakan dengan metode hermeneutika, yaitu mengali konstruksi makna dalam novel. Objek penelitian ini adalah pendidikan karakter religius dalam novel Ayyub dan Ulat- Ulat ynag Menggerogotinya. Data penelitian ini adalah kata, ungkapan, kalimat serta peristiwa yang ada pada novel Ayyub dan Ulat-Ulat ynag Menggerogotinya. Sumber data penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data skunder. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari novel Ayyub. Sumber data skunder dalam penelitian ini adalah berupa artikel, jurnal dari internet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik dokumentasi dan studi pustaka. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber data. Teknik analisis data penelitian ini adalah metode pembacaan model hermeneutika. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa dalam novel “Ayyub dan Ulat-Ulat ynag Menggerogotinya” menjadi contoh bagaiamana menerapkan nilai-nilai keimanan dan akhlak yang baik dalam kehidupan masyarakat. Hal ini menjadi sari toladan bagi kita semua dalam menyikapi hidup yang diberikan oleh Allah. Kehidupan yang indah ini sudah sepantasnya untuk kita syukuri. Karakter keimanan yang baik dalam novel ini mengandung makna orang yang memiliki iman, akhlak dan kesabaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Pendidikan Karakter Rligius dalam Novel dan Studi Hermeneutika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2014 08:40
Last Modified: 18 Oct 2021 22:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29509

Actions (login required)

View Item View Item