Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Surat Dinas Di Kantor Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Periode Maret Tahun 2012

Taufandy, Lutfi Aji and , Prof. Dr. H. Abdul Ngalim, M. M., M. Hum. and , Drs. Andi Haris Prabawa, M. Hum. (2014) Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Surat Dinas Di Kantor Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan Periode Maret Tahun 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (976kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kesalahan ejaan yang ada dalam surat dinas di kantor Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan periode Maret tahun 2012, yang meliputi kesalahan penulisan huruf kapital, penggunaan tanda baca, garis bawah dan cetak miring, penulisan kata depan. (2) Mendeskripsikan kesalahan diksi yang ada dalam surat dinas di kantor Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan periode Maret tahun 2012, yang meliputi: kebakuan, kehematan, ketepatan, keumuman. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa arsip surat dinas surat keluar dari kantor Kecamatan Geyer dan surat masuk ke kantor Kecmatan Geyer Kabupaten Grobogan periode Maret tahun 2012. Penelitian ini menggunakan teknik ganti dan teknik lesap. Penelitian ini dilakukan dengan metode agih. Metode agih adalah metode yang alat penentunya adalah bagian dari bahasa yang bersangkutan itu sendiri. Hasil penelitian ini mendeskripsikan kesalahan dalan penulisan surat dinas kantor Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan periode Maret tahun 2012. Kesalahan-kesalahan yang terdapat di dalamnya adalah kesalahan ejaan dan diksi. Kesalahan ejaan meliputi: a) penulisan huruf kapital, b) penggunaan tanda baca yang meliputi: tanda titik, tanda koma, tanda titk koma, tanda pisah, dan tanda hubung, c) penulisan huruf miring, huruf tebal, dan garis bawah, dan d) penulisan kata depan atau preposisi. Kesalahan diksi meliputi: a) ketidakbakuan kata, b) ketidakhematan kata, c) ketidaktepatan kata, d) ketidakumuman kata.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan berbahasa, surat dinas, ejaan, diksi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jun 2014 09:07
Last Modified: 19 Oct 2021 11:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29498

Actions (login required)

View Item View Item