Analisa Heat Treatment Pada Aluminium Magnesium Silikon (Al – Mg – Si) Dengan Silikon (Si) (1%, 3%, 5%)Terhadap Sifat Fisis Dan Mekanis

Saputro, Toga Agung and , Ir. Masyrukan, MT and , Ir. Agus Hariyanto, MT (2014) Analisa Heat Treatment Pada Aluminium Magnesium Silikon (Al – Mg – Si) Dengan Silikon (Si) (1%, 3%, 5%)Terhadap Sifat Fisis Dan Mekanis. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (534kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi unsur kimia, struktur mikro, kekuatan impak, kekuatan tarik dan kekerasan bahan spesimen paduan Aluminium Magnesium Silikon (Al-Mg-Si) dengan Silikon (Si) dengan variasi penambahan 1%, 3%, dan 5% dengan perlakuan heat treatment. Metode penelitian meliputi bahan, alat dan proses yang dilakukan selama penelitian. Adapun material atau bahan yang diuji adalah Aluminium (Al) berupa plat aluminium, Magnesium (Mg), berupa serbuk magnesium dan Silikon (Si), berupa serbuk silikon. Komposisi aluminium (Al) masing-masing sama 85% dengan silikon (Si) bervariasi 1%, 3%, 5% dan sisanya magnesium (Mg). Pada perlakuan panas spesimen dikenai perlakuan panas pelarutan (solution heat treatment) 450oC dengan waktu tahan 1 jam, 2 jam, 3 jam kemudian di quenching media air dan terakhir dituakan dengan penuaan buatan (artificial aging) 125oC. Adapun pengujian yan dilakukan adalah uji komposisi, struktur mikro, uji impak charpy, uji tarik an uji kekerasan Vickers. Hasil pengujian komposisi kimia terhadap ketiga paduan tersebut di dapati paduan aluminium (Al) yang kaya akan unsur silikon (Si) adalah pada paduan Al-Mg penambahan Si 5% yaitu, 4,8632%. Dari hasil pengujian impak tampak bahwa harga impak mengalami peningkatan setelah diperlakukan panas dan pada penambahan Si yang lebih banyak material ini mengalami penurunan keuletan material. Hasil pengujian tarik menunjukkan bahwa kekuatan tarik pada paduan Si yang lebih banyak dapat menurunkan kekuatan tarik. Dari pengujian kekerasan diketahui bahwa penambahan Si yang semakin banyak menyebabkan material semakin rapuh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penambahan silikon, perlakuan panas, paduan Al-Mg-Si
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 20 Jun 2014 12:24
Last Modified: 14 Oct 2021 22:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29490

Actions (login required)

View Item View Item