Simulasi Perilaku Aerodinamika Dalam Kondisi Steady Dan Unsteady Pada Mobil Menyerupai Toyota Avanza Dengan CFD

Nofianto, Muhammad Ridwan and , Ir. Sarjito, MT, Ph.D and , Nur Aklis, S.T., M.Eng (2014) Simulasi Perilaku Aerodinamika Dalam Kondisi Steady Dan Unsteady Pada Mobil Menyerupai Toyota Avanza Dengan CFD. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_1.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini menguraikan suatu fenomena kondisi aliran steady dan unsteady disekeliling bodi mobil yang dibuat dan dianalisa secara komputasi dengan menggunakan program software berbasis CFD (Computational Fluid Dynamics). Model mobil Avanza terpilih untuk melakukan penelitian ini, Dua mobil model A dan model B didesain dengan perbedaan bagian depan bodi (front end body) dengan menggunakan software solidworks 2012 kemudian disimulasikan menggunakan software Ansys 14.5-CFX, suatu paket yang menyatu dengan paket CFD. Desain dari kedua model dibandingkan untuk mengetahui perbedaan besarnya koefisien drag (CD), koefisien lift (CL), distribusi tekanan, distribusi kecepatan dan perilaku karakter aliran di sekitar belakang mobil pada awal kondisi aliran steady. Model dibuat dalam skala yang sesuai dimaksudkan untuk melihat perilaku aliran baik di depan maupun di belakang mobil dalam rentang waktu yang berbeda-beda pada kondisi unsteady. Dari hasil analisis yang diperoleh dari parameter geometri dengan perbedaan bentuk bagian depan bodi mempunyai peran yang penting di dalam perilaku aerodinamika kendaraan. Dari hasil simulasi yang diperoleh dari paket CFD pada masing-masing mobil model A dan model B didapatkan koefisien drag (CD) sebesar 0.531 dan 0.495, itu membuktikan penurunan koefisien drag (CD) sebesar 6.78%. untuk koefisien lift (CL) pada masing-masing model sebesar 0.0396 dan 0.0202, itu membuktikan penurunan koefisien lift (CL) sebesar 48.99%. pada hasil distribusi tekanan dan kecepatan relative sedikit berpengaruh pada bagian upper dan lower surface. Dengan perubahan geometri membuktikan bahwa mobil model B lebih aerodinamis dibanding model A.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mobil Avanza, koefisien Drag, koefisien Lift, distribusi tekanan, distribusi kecepatan, Aerodinamis, CFD
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 20 Jun 2014 12:13
Last Modified: 14 Oct 2021 22:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29489

Actions (login required)

View Item View Item