Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah 64 Surakarta Tahun Ajaran 2013 / 2014

Nurjanah, Khoirunnisa and , Dr. Darsinah, M. Si (2014) Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah 64 Surakarta Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (401kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (209kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep pengetahuan umum dan sains melalui metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan cara penyajian pelajaran, di mana siswa melakukan percobaan dengan mengalami sendiri sesuatu yang dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B TK Aisyiyah 64 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jumlah anak yang diteliti sebanyak 16 anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini bekerjasama dengan guru kelompok B. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi berupa foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal konsep pengetahuan umum dan sains melalui metode eksperimen dengan prosentase sebelum tindakan 37,4%, 37,4% menunjukkan bahwa anak sudah mulai berkembang, siklus I 60,9% menunjukkan bahwa anak berkembang sesuai dengan butir amatan yang dilakukan, dan siklus II 82,1% menunjukkan bahwa berkembang sangat baik tanpa bantuan guru. Kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen sehingga anak dapat bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan eksperimen dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak kelompok B di TK Aisyiyah 64 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan kognitif, Metode Eksperimen
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2014 13:01
Last Modified: 19 Oct 2021 11:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29479

Actions (login required)

View Item View Item