Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Trilogi Mimpi Bayang Jingga Karya Sanie B. Kuncoro: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di Smk Islam Sudirman 2 Tingkir Salatiga

Ibrahim, Soleh and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Dra. Main Sufanti, M.Hum. (2014) Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Trilogi Mimpi Bayang Jingga Karya Sanie B. Kuncoro: Tinjauan Psikologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di Smk Islam Sudirman 2 Tingkir Salatiga. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (322kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ada empat; (1) mengetahui latar sosio historis Sanie B. Kuncoro, (2) mendeskripsikan struktur, (3) mendeskripsikan konflik batin tokoh utama dalam novel trilogi Mimpi Bayang Jingga karya Sanie B. Kuncoro tinjauan psikologi sastra, dan (4) mengetahui bentuk implementasi dalam pembelajaran di SMK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kata, kalimat, dan ungkapan yang merupakan konflik batin yang digunakan oleh Sanie B. Kuncoro sebagai penulis dalam novel trilogi Mimpi Bayang Jingga. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data menggunakan metode pembacaan model semiotik, yaitu pembacaan heuristik dan hermeneutik serta teknik analisis komparatif. Hasil penelitian ini ada empat. (1) Latar sosio-historis diketahui bahwa yang memengaruhi karya-karya Sanie B. Kuncoro adalah budaya Jawa- Cina. (2) Struktur novel trilogi Mimpi Bayang Jingga diketahui bahwa tema novel ini tentang kisah cinta dengan berbagai motif yang berbeda-beda sehingga memunculkan konflik batin. Tokoh utama novel trilogi Mimpi Bayang Jingga adalah Baron dalam novel The Desert Dreams, Jingga dalam novel Jingga, dan Frangi dalam novel Mimpi Bayang. Unsur-unsur tersebut dikembangkan dan membangun teks yang padu, utuh, dan bermakna sehingga pesan dan amanat dapat ditangkap dengan mudah. (3) Analisis psikologi sastra novel trilogi Mimpi Bayang Jingga karya Sanie B. Kuncoro menunjukkan konflik batin tokoh utama dalam novel The Desert Dreams terdapat konflik mendekat-mendekat, mendekatmenjauh, dan menjauh-menjauh, dalam novel Jingga terdapat konflik menjauhmenjauh dan mendekat-menjauh, dan dalam novel Mimpi Bayang terdapat konflik menjauh-menjauh dan mendekat-menjauh. Selanjutnya, (4) relevansi konflik batin dengan pembelajaran sastra mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK dinyatakan pada SK; 3 Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat unggul, dengan KD; 3.2. mengapresiasi secara lisan teks seni berbahasa dan teks ilmiah sederhana. Dalam pembelajaran yang dilakukan dapat diketahui bahwa antusiasme dan apresiasi siswa kelas XI semester 5 sangat baik dan mereka berharap ke depannya materi tersebut dijadikan bahan ajar sastra dalam pembelajaran di sekolahnya karena materi konflik batin merupakan materi baru dan menarik bagi mereka.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: konflik batin, novel trilogi Mimpi Bayang Jingga, psikologi sastra, pembelajaran sastra di SMK.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jun 2014 07:57
Last Modified: 19 Oct 2021 15:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29468

Actions (login required)

View Item View Item