Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Bagi Siswa Kelas X TP2 Semester Genap SMK “YP” Delanggu Tahun 2013/2014

Karisma, Ririh and , Prof. Budi Murtiyasa, M. Kom, (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Bagi Siswa Kelas X TP2 Semester Genap SMK “YP” Delanggu Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Creative Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X TP2 SMK “YP” Delanggu, yang terdiri dari 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemecahan masalah matematika. Hal ini dilihat dari indikator pemecahan masalah: 1) kemampuan memahami masalah dari kondisi awal 9,09%, siklus I 59,09%, dan siklus II 81,81%, 2) kemampuan merencanakan pemecahan masalah dari kondisi awal 9,09%, siklus I 40,90%, dan siklus II 81,81%, 3) kemampuan melaksanakan pemecahan masalah dari kondisi awal 9,09%, siklus I 27,27%, dan siklus II 72,72%, 4) kemampuan melihat kembali hasil yang diperoleh dari kondisi awal 9,09%, siklus I 27,27%, dan siklus II 72,72%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Creative Problem Solving meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving; kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 12:57
Last Modified: 20 Oct 2021 02:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29459

Actions (login required)

View Item View Item