Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Strategi Think-Talk-Write (PTK Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Negeri 1 Nogosari 2013/2014)

Pangastuti, Andini and , Prof. Budi Murtiyasa, M. Kom, (2014) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Strategi Think-Talk-Write (PTK Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMP Negeri 1 Nogosari 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (865kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (950kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa melalui strategi Think-Talk-Write. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas da penerima tindakan kelas adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Nogosari yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan analisis, untuk mengetahui kemampuan siswa diberikan tes tertulis. Setelah mendapat data, kemudian menghitung persentase nilai siswa yang mampu mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematik.Hasil penelitian menunjukkan: 1) kemampuan menjelaskan ide matematik secara tulisan dalam bentuk aljabar sebelum tindakan 25% dan setelah tindakan 65,62%; 2) kemampuan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahsa atau simbol matematika sebelum tindakan 15,62% dan setelah tindakan 68,75%; 3) kemampuan mendengarkan, beridiskusi, dan menulis matematika sebelum tindakan 21,88% dan setelah tindakan 75%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Think-Talk-Write dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi think-talk-write, komunikasi matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 12:49
Last Modified: 20 Oct 2021 02:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29457

Actions (login required)

View Item View Item