Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Melalui Metode Ceramah terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi pada Siswa SMP Negeri 9 Surakarta

Setiawati, Karina Aisyah (2014) Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Melalui Metode Ceramah terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi pada Siswa SMP Negeri 9 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (210kB)

Abstract

Karina Aisyah Setiawati, J500100010. Pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi melalui metode ceramah terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi pada siswa SMP Negeri 9 Surakarta. Latar Belakang Seiring bertambahnya usia anak, mereka mengalami masa transisi menuju dewasa yang biasa disebut pubertas. Pengaruh dan kontrol terhadap kesehatan diri meningkat dalam masa transisi tersebut sehingga remaja harus menghadapi perubahan permasalahan kesehatan termasuk kesehatan reproduksi. Pendidikan kesehatan reproduksi dengan penyuluhan metode ceramah media slide merupakan salah satu cara meningkatkan pengetahuan remaja yang dapat membantu mereka dalam menghadapi permasalahan tersebut. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi melalui metode ceramah terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi pada siswa SMP Negeri 9 Surakarta. Metode Penelitian Penelitian dengan menggunakan rancangan quasiexperimental one group pre test-post test design. Sampel dengan jumlah 55 orang diambil secara non probability sample dengan teknik purposive sampling pada kelas VIII. Kuisioner sebagai instrumen penelitian diberikan saat pre test dilanjutkan dengan penyuluhan kemudian post test dan setelah 20 hari penyuluhan diberikan post test yang kedua. Analisis data dilakukan dengan uji Friedman. Hasil Terdapat perbedaan tingkat pengetahuan yang bermakna setelah diberikan penyuluhan (p < 0,05). Pada hasil penelitian didapatkan nilai rata – rata terendah yaitu 1,35 pada hasil pre test, kemudian setelah penyuluhan atau diberikan perlakuan dilanjutkan post test dengan hasil rata – rata yaitu 2,55 dan sesudah 20 hari penyuluhan didapatkan nilai rata – rata yaitu sebesar 2,10. Kesimpulan Terdapat pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi melalui media ceramah terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi pada siswa SMP Negeri 9 Surakarta. Karina Aisyah Setiawati, J500100010. The effect of speech method on reproduction health counseling to the knowledge level of reproduction health on SMP Negeri 9 Surakarta students. Background As the children grow up, they experience a transition process to become adults called puberty. Influence and control on their health advance in this transition process, thus adolescents have to face the change of their health issues including reproduction health problems. The education to reproduction health through speech and slide counseling method is one of several methods applied to advance the adolescent’s knowledge level that is expected to help them facing the problems. Aim This research is aimed to investigate the effect of speech method on reproduction health counseling to knowledge level health reproductive on students of SMP Negeri 9 Surakarta. Method This research uses quasi experimental one group pre test-post test design arrangement. Fifty-five respondents of second grade were taken as a non probability sample with purposive sampling technique. Questionnaire as the research instrument was given on pre test, then continues with counseling, and after that, the students were given the first post test, and the second post test held twenty days after the counseling. The research data were analyzed using Friedman test. Results There is a significant difference on knowledge level before and after counseling (p < 0,05). In the results, the lowest mean value is found 1,35 on pre test. After the counseling were given and continued with post test, the mean value is 2,55 and on the second post test, twenty days after the counseling, the mean value is 2,10. Conclusion There is a significant effect of speech method on reproductive health counseling to the knowledge level of reproduction health on students of SMP Negeri 9 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penyuluhan, tingkat pengetahuan, kesehatan reproduksi, remaja, metode ceramah, Counseling, knowledge level, adolescent reproductive health, speech method
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 17 Jun 2014 12:41
Last Modified: 17 Jun 2014 14:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29452

Actions (login required)

View Item View Item