Majas Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Sma

Nuryati, Endah Sri and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum (2014) Majas Novel Trilogi Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di Sma. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
PDF_Halaman_depan..pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
pdf_BAB__I.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
PDF_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
PDF_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
PDF_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab V)
PDF_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
PDF_DAFTAR_PUSTAKA_TESISKU.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
PDF_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PDF_JURNAL_publikasi.pdf

Download (489kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama, memaparkan pemanfaatan majas dalam novel trilogi RDP dengan kajian stilistika. Kedua, menjelaskan pemakaian majas yang paling dominan dan yang paling sedikit serta alasan Tohari. Ketiga mendeskripsikan implementasi majas dalam novel trilogi RDP Tohari sebagai bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitiannya berupa pemanfaatan majas beseta maknanya dalam novel trilogi RDP. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata yang merupakan pemanfaatan majas yang digunakan oleh Ahmad Tohari. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka dengan tebal halaman 408 halaman yang merupakan cetakan kelima pada tahun 2009 dan artikel-artikel dari internet. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik pustaka untuk menemukan majas dalam novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk. Teknik analisis data menerapkan metode padan intralingual dengan teknik hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP). Penelusuran makna majas dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk digunakan metode pembacaan semiotik. Hasil analisis dan pembahasan ditemukan sembilan majas yaitu personifikasi, metafora, hiperbola, repetisi, sinekdoke, metonimia, simile, sarkasme, dan litotes. Majas personifikasi menduduki posisi yang paling dominan yakni mencapai 12 data dari 75 data. Majas sarkasme menduduki jumlah pemanfaatan paling sedikit yakni 4 data. Implementasi majas sebagai bahan ajar ditemukan pada SKKD kelas xi semester 1 SK 7 Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia /novel terjemahan, KD. 7.2. Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ novel terjemahan. Kelas XII, semester I SK.5. Memahami pembacaan novel KD: 5.2. Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: majas, novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk, stilistika
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jun 2014 11:29
Last Modified: 19 Oct 2021 15:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29442

Actions (login required)

View Item View Item